The End of the Begining

FK UNSRI 1008

Assalamualaikum

Teng.. hari ini tanggal 13.03.14, hari yang ditunggu2 oleh 5rb.an mahasiswa FK se-indonesia yg mengikuti Uji Kompetensi Dokter Indonesia Batch 1 Feb 2014. The result is announced! Semuanya gelisah, tidur ga tenang, makan ga nafsu, mandi ga mood, komunikasi jg jadi gagap gr2 cemas nungguin hasil ujian nasional kali ini. Alhamdulillah.. ternyata nomor ujian osce dan cbt saya terlampir di deretan nomor peserta yang dinyatakan lulus. Sempet cemas krna dari pagi smartphone saya tiba2 mati total, jd temen2 ga bisa ngehubungin baik via social network ataupun nelpon langsung. Saya jg ga kepikiran buat ngebenerin nih hp yg tiba2 eror, pikirannya dari dini hari cm ngecek-in website PUKDI udah aplod hasil ujian atau belom. Gataunyaaa jam 10an pagi baru ada deh tuh hasil. Berkali2 ngerefresh tuh beranda website tapi gagal muluk. Akhirnya minta tolong temen buat cariin nomer ujian sy, alhamdulillah ternyata ada. Bahkan Temen2 saya sempat cemas krn sy ga bisa dihubungi, mereka malah sempat berfikir kalo saya termasuk yang ga lulus. Huhu. Alhamdulillah trnyata saya beruntung lagi kali ini. Terimakasih ya Allah. Sampe jam 2 siang saya masih usaha coba buka sendiri tuh website, ga afdol rasanya kalo blm liat scr langsung pengunumanny, walopun udh 6 temen yg sy minta tolong cariin nomer ujian sy, tetep aja harus liat dengan mata kepala sendiri. Dan alhamdulillah lagi ternyata beneran ada. Pengumumannya cek di sini >> pengumuman uk cbt osce batch 1 feb 2014

Baca lebih lanjut

Looonng roaaddd to finish

image

“Masuk Fak.K itu susah! Keluarnya lebih susah lagi!”, ny. W, mahasiswi semester akhir (11) Fak.K

Mau masuk kuliah di Fk itu susah! (Yup!Bener banget!)
Tapi ternyata, Mau keluar dari Fk itu lebih susah lagi. setelah nyelesein kewajiban belajar 3.5 tahun di preklinik, disambung lagi 2 tahun praktek klinik, yang setiap 5 minggu – 10 minggu sekalinya harus menikmati harihari penuh ujian selama 5.5 tahun ini, ditambah lagi stelah dinyatakan lulus rotasi klinis 2 tahun ada ujian tambahan fakultas yang notabenenya baru diinfokan oleh fakultas kuranglebih 1 bulan sebelum ujian diadakan yaitu ujian kompre teori (MCQ CBT) dan praktek (OSCE), kalo hasil ujian keduanya dapet predikat lulus belum bisa juga keluar dari FK. Harus ikut ujian Nasional kedokteran (UK) yang juga ada 2 jenis ujian yaitu teori dan praktek. Barulah kalo udah lulus UK, kita bisa di wisuda. Eittss, ini juga belum bisa praktek mandiri, kita harus magang lagi di RS tipe C dan puskes2 selama 1-2 tahun (dan selama magang juga masih ada tugastugas kuliah :’( ). Subhanallah. Panjang bener perjuangan mau jadi dokter yaa.
(Ga cuma mau jadi dokter aja kali phii yang butuh perjuangan, semua profesi juga butuh perjuangan. Tergantung gimana lo nyikapinya, banyak ngeluh ya artinya lo kalah, ga bisa jadi dewasa yang mateng *kok jadi ga nyambung ya?*)

Salah siapaa suruh masuk FK? Salah siapa masih mau bertahan di FK? Salah siapaa Fk punya se-lautan ujian dan seupil reward? Salah guee? Temen2 gue? Pejabat2 negri gue? *edisi dramatisir*

Ya udahlah yah. Inget phii. Rabu masih ada ujian osce fakultas. Ini malah ngedumel ga jelas di blog bukannya belajar! *maklum mbahh ane lagi mumeett dicekokin buku mulu seminggu ini -__-*

Yuk bersyukur dan berdoa dulu. Alhamdulillah udah lepas dari kewajiban sebagai “dek koass”. Alhamdulillah dapet kesempatan buat ikut ujian fakultas, alhamdulillah dapet kesempetan sedikit membuat ibu-ayah bangga anaknya bs selesai tepat waktu dlm rotasi koass. Tinggal berjuang selanjutnya ngadepin ujian2 akhir fakultas dan nasional. Insyaallah diberi yang terbaik oleh Allah SWT. Amin

Selamat PDU 08. Semoga diberi kemudahan yaa buat kita semua..
Semangat! Jangan mudah terdistraksi oleh hal2 ga penting. Tentuin prioritas! *ngomong depan kaca*
Bismillahirrohmanirrohim.

#baruinstallWPdigejet#

this is it, about me, my life, and I

    “aahh, capek, pusing, sakit, muak, bosan dengan semua ini”

Oke, lagi-lagi keluhan yang cuma bisa lo keluarin. ngeluh-ngeluh-ngeluh di setiap saat lo ga mampu. Hidup memang gak bisa ditebak. Keberuntungan juga gak bisa dipilih. Tukang Somay juga cita – citanya dulu bukan jadi pedagang somay (loh?) Ya, malang tentu gak bisa ditolak dan kentut juga susah buat ditahan (makin ga nyambung)
Denger-denger sakarang udah ada pembagian waktu indonesia yang baru lohh, WIG –> Waktu Indonesia bagian Galau. pas banget nih ngetik postingan disaatsaat galau. FYI, WIG sudah mulai dipopulerkan semenjak kosakata ababil a.k.a labil menjadi trendwords di kalangan remaja, dan kini saatnya WIG untuk melebarkan sayapnya di dunia peremajaan *astaga, galau abis deh gue*. dan mari kita bumihanguskan perALAY-an di dunia ini *zzz*
Berhubung lagi bergalau ria, mari semua unek-unek selama ini ditumpahin semuanya di blog penuh kegalau.an ini
Jadi, sekarang gue lagi galau bener2 pengen mengeluarkan kentut unek-unek yang udah lama ditahan dan juga yang sepertinya makin kronis dalem pikiran gue. mulai dari soal kuliah, kerjaan, keluarga, teman dan thelastone love live *apadeh?*
tentang kuliah, sampe sekarang masih bener2 belum bisa dapet chemistry di dunia kedokteran *astaga phii, udah hampir 3 tahun kuliah, tapi masih belum cinta juga sama bidangnya*. oke, siapa suruh gue masuk ke kedokteran ? kenapa juga mau disuruh ambil jurusan itu kalo gue ga suka ? satu-satunya alasan gue masuk ke kedokteran cuma karena nyokapbokap yang emang kepingin anaknya jadi dokter. nyokap gue, alasan utamanya biar gue bisa hidup lebih mapan nantinya. lah, terlalu berorientasi ke materi deh nyokap x(. udah sering nyoba ngerayu biar gue bisa masuk jurusan IT. tapi berkali-kali gue rayu barkali-kali juga cinta gue ditolak, dan akhirnya dukun bertindak *hah?*. intinya nyokap ga mau banget gue ambil jurusan IT. padahal jelas-jelas semasa SMA, anaknya lebih mampu di bidang IT, daripada dunia perbiologian. tapi kenapa juga dipaksain masuk ke dunia itu ? TAKDIR, inilah yang disebut takdir. takdir gue jadi mahasiswi kedokteran, takdir gue ketemu temen2 terdebest di sekolahnya masing2 *kalo diusutdaninvestigasi, semua yang masuk FK ternyata juara umum, best of the best dari sekolahnya masing2 cuy*, takdir yang mengharuskan gue ujian tiap satusetengahbulan sekali, takdir cuma dapet jatah libur 1 bulan dalam setahun *sedangkan fakultas lain bisa libur sambil nyawah sampe panen juga bisa*. banyak banget takdir yang harus gue terima dengan ikhlas pokoknya deh. sebenernya ngapain juga nyeselin semua yang udah lewat. “DONT LOOK BACK”, said someone. bener juga. kalo gitu, udah ga perlu disesali, jalani dan nikmati apa yang ada sekarang. betul ibu-ibu ?

————————————————–

okee, rangkaian kalimat diatas gue bikin waktu masih jaman preklinik (kuliah) kira2 smester 3-5, dimana gue masih jadi ABG labil tentang statusisasi kehidupan, kenapa gue bisa masuk FK, kenapa gue selalu ga bisa ikut reunian sama temen2 sekolah gue gegara jadwal kuliah yang ga pernah ada liburnya, kenapa selalu ada ujian setelah lebaran, dan kenapa, kenapa, kenapa. selalu gue pertanyakan, selalu dikeluhkan, yang akhirnya cuma nihil, ga ada yang berubah. tapi sekarang, gue mensyukuri bahwa gue jadi mahasiswa fk, yang ternyata merupakan ladang amalan yang paling banyak. jadi dokter itu ga usah muluk2 deh buat ngarepin banyak pasien  banyak duit. ga semua pasien itu mampu buat bayar dokter, jadi satu2nya niatan jadi dokter yaitu banyak pasien banyak amal. asal semuanya dikerjakan karena Allah. berniat untuk menolong sesama.

alhamdulillah, sebentar lagi kepanitraan klinik bakalan selesai, dan semoga gue bisa lulus di semua stase, insyaallah, amin. ikhtiar udah, berdoa udah, tinggal tawakkal untuk hasilnya nanti. abis selesai kepanitraan, wajib ikut exitexam yang notabenenya kalo mau dapet gelar dr. harus bisa lulus exit exam tersebut. sebenernya ga fair ya, kan kita udah selama 5,5 tahun sekolah yang setiap 7 minggu sekalinya kita pasti ada ujian, dan disetiap ujian dinyatakan sudah lulus, terus harus ikut ujian exitexam lagi baru bisa dapet gelar dr. ? ga adil! exit exam itu jadi analoginya kayak UN, kalo dalam satu kondisi saat ujian mahasiswa tersebut lagi ada masalah, terus ga fokus sama ujiannya, padahal selama ini mahasiswa itu termasuk kategori mhs rajin dan pintar, gr2 ujian itu mhs ga lulus terus ga bisa jadi dokter? kan ga adil banget ya, kasian si mhs, orangtua mhs apalagi, sudah mengharapkan anaknya tamat dan langsung bs kerja, gataunya gr2 ujian itu si anak ga bisa kerja, pasti sedih orangtua kita. huhu. tuh kan, ngeluh lagi.. hmmm.. semoga Allah memberikan yang terbaik buat kita. amiinnn.

sekarang lagi di stase santai tapi bosan, IKMIKK, gegara kita dari jam 8 sampe jam 3 sore kerjanya cuma nongkrong di kelas yang ACnya ada 6 tapi ga fungsi semua, nongkrong nungguin kalo ada dosen yang masuk mau ngajar, kalo ga ada yang masuk ya bearti seharian kita plangak-plongok gaada kerjaan. kebanyakan sih dari 42 mhs, 20nya maen laptop (ngegame/ngenet), 10nya nonton film, 10nya maen kartu, 2nya belajar persiapan exit exam. hahaha, yang belajar cuma 2 gelintir mhs doang. itulah kenyataannya. selama ini kita udah penat dengan kegiatan ‘perkoassan’ di rumahsakit tercindta, jadi wajar aja sih kalo kita maunya nyantai leyeh2 padahal ada segunung ujian di depan mata. 5 bulan lagi bakal ada exit exam, dan emang seharusnya kita manfaatin stase santai ini buat persiapan ujian, tapi apalahdaya, godaan saytonnirrojim emang lebih kuat. pengen deh kayak si D dan N yang tiap hari belajar di kelas. pengeennn.. tapitapii. gue termasuk orang yang ga bisa memprioritaskan hal2 yang harus diprioritaskan *nah bingung kan?*. semoga nanti suatu saat gue segera sadar dan keluar dari belenggu setan ini. amiinn. haha.. semoga kita bisa menyelesaikan tugas2 kita dengan baik dan bisa memberikan yang terbaik buat kedua orangtua kita ya. amiiinn..

barusan buka fb temen2 di DN dulu, yang nyatanyaa temen2 gue sebagian besar udah pada tunangan dan merid. aaaakkk. bertambah lah kegalauan gue. apalagi baru-baru ini kehidupan gue habis digoyang masalah besar tentang dia. baru mau sembuh dan move on, eh ngeliat statusisasi temen2 gue yang baru pada tunangan dan merid, jadi kambuhlah ke galauismean gue malem ini. hua hua hua. *laahh, jadi galau kan!* semuanya hamba serahkan padaMu ya Allah :o)

baiklah sodara-sodara, saatnya teletabis berpisah. sampai jumpa lagi. sayonara. jaga diri baik-baik. jagalah hati jangan kau nodai, jagalah hati cahaya hidup ini. baiiii.. wassalam..

march, 12 2012 – march 12 2013, a year as DM, a year to go to be a MD.

one year left, 6 divisions left, surgery-radiology-interna-ophthalmology-psychology-public health.

banzaii!

Kutipan

Ingin Bahagia ??

“Jika engkau ingin berbahagia, lebih mendengarlah, kurangilah bicara, senyumlah selalu, seringlah tertawa, mencintalah dengan setia, lambatlah untuk marah, cepatlah memaafkan, dan bersyukurlah atas yang telah kau miliki”, Mario Teguh

Dan berbahagialah bagi mereka yang bisa melakukannya dengan ikhlas.