vita marissa dan PB PBSI


Dunia para penggemar pebulutangkisan Indonesia digemparkan kembali karena berita keluarnya Vita Marissa a.k.a Cici Vita dari Pelatnas Cipayung ini. Saya sebagai salah satu penggemar olahraga tepok bulu dan sebagai anggota IBFC (Indonesia Badminton Fans Club) juga merasa adanya ketidakadilan yang telah dilakukan oleh pihak PB PBSI terhadap atletnya satu ini. Terlebih lagi kemarin adanya berita bahwa Bang Kido (Markis Kido) sudah lebih dahulu keluar dari pelatnas, namun akhirnya kembali bergabung lagi dengan pelatnas ini.
Berikut berita keluarnya ci Vita Marissa dari pelatnas.

———————————————————————————————————-
Jakarta, Rabu — Atlet Bulutangkis putri Indonesia, Vita Marissa, yang akrab dikenal oleh para Badminton Lovers (BL) sebagai Cici Vita, meminta kenaikan kontrak, dengan harapan pengabdiannya selama 12 tahun di Pelatnas dihargai.

”Saya memang minta naik, lebih karena minta dihargai pengabdian saya selama 12 tahun, bukan semata-mata melihat nilai nominalnya,” ujar Ci Vita saat jumpa dengan wartawan Rabu lalu (11/2).

Pemain spesialis Ganda yang berperingkat 36 dunia saat ini, tepatnya di sektor ganda campuran itu mengajukan surat pengunduran dirinya dari Pelatnas hari Selasa lalu (10/2) setelah tidak tercapainya kesepakatan kontrak dengan PB PBSI. Menurutnya, ia mengajukan kenaikan kontrak sekitar 20% dari kontrak yang sebelumnya yaitu Rp. 400juta pertahunnya menjadi Rp. 480juta pertahunnya.

Pemain asal Klub Tangkas Alfamart itu menyesalkan sikap PBSI yang hanya mempertimbangkan peringkat ganda campurannya, yang turun dari peringkat 17 dunia saat bersama Flandy Limpele menjadi peringkat 44 dunia setelah dipasangkan dengan Muhammad Rijal, usai Olimpiade Beijing 2008 lalu.

”Saya baru bermain lima bulan bersama Rijal, sementara prestasi saya pada ganda putri tidak dianggap,” ujar Cici Vita yang saat ini menduduki peringkat ke-5 dunia di sektor ganda putri bersama Butet, alias Liliyana Natsir.

Para BL, terutama Vitaism (sebutan untuk penggemar Ci Vita) pastinya tidak rela akan keputusan ci Vita untuk keluar dari Pelatnas akibat kekekeuhan PB PBSI yang tidak mau menaikkan nilai kontrak yang diminta oleh ci Vita. Kita pasti merasa kecewa karena kita (BL) tahu pasti bahwa perjuangan Ci Vita sangatlah sulit dan memang patut diacungi jempol. Sama seperti perjuangan teman sejawatnya, yaitu Butet, yang juga harus diacungi empat Jempol sekaligus.

Ci vita, yang saat itu didampingi oleh dokter Carmen Yahya yang banyak menjelaskan mengenai masalah cidera bahu kanannya, mengatakan bahwa sejak awal ia berkeberatan untuk ambil bagian di ganda putri dengan pertimbangan cideranya itu.
Namun, saat Ci Vita dipasangkan dengan Butet (Liliyana Natsir) pada pertengahan 2007, ia sama sekali tidak menolak, bahkan ia bersama Butet langsung menjuarai China Masters pada pertandingan pertama mereka.
Hingga saat ini, pasangan tersebut masih menjadi pasangan ganda putri terbaik Nasional, meski keduanya harus bermain rangkap pada ganda campuran juga.

Bersama Flandy Limpele

Setelah memutuskan keluar dari Asrama Cipayung, gadis kelahiran 4 Januari 1981 ini mengaku belum memikirkan langkah selanjutnya untuk kariernya dalam olahraga Tepok Bulu ini. Yang jelas, katanya, ia akan memulai karier sebagai pemain profesional dan hingga saat ini masih terus berlatih meski tidak lagi di Cipayung.

Cici Vita, yang tersingkir di perempat final Olimpiade Athena saat berpasangan dengan Nova Widhianto dan kandas di semifinal Olimpiade Beijing bersama Flandy Limpele ini, berharap dapat kembali berpasangan dengan Flandy.

”Peluang itu masih ada karena saya masih terus berhubungan dengan Flandy,” ujar pebulu tangkis yang masuk Pelatnas sejak 6 November 1996 itu.

Flandy yang juga sudah keluar dari pelatnas, saat ini berpasangan dengan pemain Rusia, Anastasia Russkikh.

Berpasangan dengan Flandy sejak 2006 hingga Olimpiade beijing 2008 lalu, Ci Vita berhasil meraih lima gelar, di antaranya tiga gelar Super Series, yakni Jepang SS 2006, serta Singapura SS dan Perancis SS 2007, dan menjadi ganda campuran andalan nasional kedua setelah Nova Widhianto/Liliyana Natsir (NoLyn).

Terlepas dari semua rencananya ke depan, langkah pertama yang akan diambilnya adalah melakukan pemeriksaan MRI terhadap bahu kanannya yang sejak dioperasi pada Oktober 2004 lalu tidak pernah diperiksanya kembali.

”Seharusnya diperiksa setahun sekali, tetapi ia sering tidak mau,” kata dokter Carmen, salah satu orang terdekatnya selain Richard Mainaky, pelatihnya sejak ia masih bermain di klub Tangkas.

Sang Pelatih

Soal pelatihnya itu, Vita mengatakan ”Paling berat meninggalkan kak Richard, karena dia yang membimbing saya sejak main di Tangkas dulu.” Ia juga menyebutkan bahwa Richard lah yang selama ini selalu memberi solusi atas setiap permasalahannya, termasuk saat ia jenuh menjalani kehidupan di Pelatnas selama 12 tahun.

”Setiap kali kak Richard selalu bisa menangani pemainnya, namun sayang, untuk masalah saya kali ini, PBSI tidak meibatkan pelatih,” lanjut Ci Vita.

Pihak PB PBSI

”Vita sudah mundur dari pelatnas, bukan hanya ancaman saja, tetapi surat pemunduran dirinya sudah ada di PB PBSI,” ujar Ricardo Siagian, Humas PB PBSI.

Dia menyesalkan keputusan Pemain ganda putri terbaik itu, karena menurutnya kepengurusan PB PBSI kali ini sangat demokratis.

”Nyatanya, (Markis) Kido kembali setelah berbicara lagi dengan kami. Bagitu pula dengan Vita, kami akan tetap membuka pintu untuknya. Saya berharap dia akan kembali. Tetapi tidak mungkin kami meaikkan nilai kontraknya,” lanjut Ricardo

Penentuan nilai kontrak itu bukan tanpa pertimbangan. Rangking memang menjadi salah satu faktor. Tapi PB PBSI juga memepertimbangkan waktu dan prestasi atlet sebelumnya. Begitu juga pada kasus Vita, PB PBSI tidak semata-mata hanya melihat peringkatnya yang anjlok jauh ke peringkat 44 dunia setelah dipasangkan dengan Muhammad Rijal seusai Olimpiade Beijing Agustus 2008 lalu.

”Nyatanya nilai kontrak Vita tidak turun, saya berani menjamin tidak ada satupun nilai kontrak atlit pelatnas yang turun di kepengurusan PB PBSI yang baru ini. Karena tidak mungkin kami hanya mempertimbangkan satu aspek saja untuk menentukan nilai kontrak,” jelas Ricardo.

Sebenarnya, Ci Vita juga masih membuka peluang untuk bergabung kembali dengan pelatnas. Namun, dia ingin pengurus memintanya baik-baik.

”Saya ingin agar pengurus bisa bicara baik-baik dengan pemainnya,” ungkap cici Vita.
———————————————————————————————————-

Saya sebagai Badminton Lovers (dari tadi ngaku-ngaku badminton lovers mulu nii, ya iialah, nick saya ajj PHII POTTER POONA, FYI, Poona itu artinya bulutangkis, tapi lupa asal katanya dari Negara mana, hehehe) berharap bahwa keputusan yang diambil oleh Ci Vita adalah yang terbaik buat semua, baik buat diirinya sendiri, buat para penggemarnya, terutama buat Indonesia.
Tapi sebenernya, saya masih menginginkan Ci Vita bergabung dengan pelatnas dan kawan-kawan seperjuangannya dalam mengibarkan sang Merah Putih di kancah Perbulutangkisan dunia ini. Saya masih ingin melihat ci Vita bersama Butet dan Flandy Limpele bermain di Olimpiade mendatang dan meraih Emas, perak, ataupun perunggu, seperti pada Olimpiade Beijing lalu.(temen2 badminton lovers sependapat gag dengan saya?)
Apalagi setelah melihat usaha maksimal dan banyaknya keringat yang telah dikeluarkan selama ini baik di pertandingan dalam sektor Ganda Putri ataupun Ganda Campuran.
Selain itu juga saya berharap agar PB PBSI bias menyelesaikan masalah-masalah yang ada di dalamnya dengan demokratis seperti yang diungkapkan Ricardo, Humas PB PBSI, agar tidak ada lagi atlit-atlit berbakat pembawa nama Indonesia yang mengajukan surat pengunduran diri dari pelatnas ini.

Ayo sama-sama berikan yang terbaik buat Indonesia.

Cheerss !!

phiipotterPoona

*sumber: http://olahraga.kompas.com , http://jawapos.co.id

24 thoughts on “vita marissa dan PB PBSI

  1. yuh .. akku sbgai vitaism . g mw klo cici kluar….

    aaahhh ,,, ngg boleh . pdhal syang bnget . tptptp aph pun yng trbaik bwat cici akuu dkung jga . eh cici sring to sm bayi . ith syp ?.

  2. yessica berkata:

    cici…qta kgn m cici . balik ke cipayung lagi dunkzzz . plizttttt !!!!!!!! demi indonesia tercinta…aq jg kecewa brat ama sikap PBSI . gag adiilll bgt ama cici !!! aq gag rela cici diperlakuin spt itu…teteup smgt ya ci…ganbatte

  3. theya's berkata:

    cici gag usah kembali lagi ke cipayung kalau emang apa yang cici inginkan itu dipenuhi. …… toh orang2 yang ada di pelatnas itu juga akan bingung kalo nggak ada orang2 kayak cici n yang laennya…… yang bisa mengharumkan nama bangsa INDONESIA. hehehehe🙂 :bd ILU cici… GBU yho…

  4. nitha berkata:

    ci vita gabung ge donk ke pelatnas..
    pdhl ci vita ccok bnget di gbungkan dgn ci butet..
    n prestasinya juga bagus…
    semngat ci vita..!!

    • iaaa,, kecewaa nih butet ngga bisa berpasangan dengan ci vita…
      huhuhu,, kacau deh badminton ina tana cici vitaa..
      ayoo kembali berjuang bersama🙂

      hhehehe..

  5. sedih yaa
    apalagi kmaren wkt INA OPEN 09 ga liat ci vita maen ma butet
    sedih banget ..
    andai mreka masih berdua ..
    pastinya piala ganda wanita berhasil INA rebut ..
    hikshiks😦

  6. tia berkata:

    Huuuuuuuuuu
    kenapa sich cici vita harus keluar dari pelatnas
    aku kan jadi sedih gak bisa liat cici maen ma butet lagi.
    kembali lagi donk ke pelatnas.please
    mungkin aku berharap cici vita bisa kembali gi.AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIN
    bWt PBSI tlng ngmng baik2 m ci2 biar dy kmbli gi
    maju INDONESIA

  7. arini berkata:

    manurut aq …..
    tindakan ka vita kluar dari pelatnas memang benar …..
    meskipun amat di sesal kan seorang atlet tinggi semampai , berprestasi , dan ulet ini harus kluar dari pelatnas …

    saya berharap tdk akan terulang lagi masalah seperti yang di alami seperti ka vita nee……

    aq berharap jika ka vita menjadi atlet profesional ….
    ka vita tetap menjadi vita yang berprestasi ……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s