Orang Gila ? Siapa takut ! :)


JGleggg
Tuing.tuing.tuing
+bangku bis yg baru aja gw duduki goyanggoyang+

kirain tu bangku goyang krna efek jalanan yg berlubang
so, i still duduk dengan manisnya🙂

tuing.tuing.tuing.nging.nging.tuing.
+goyangan kursi makin dahsyat, gw udah kea lgi dangdutan aja+

krena tuh kursi goyangan.nya makin dahsyat. so, gw udah ga bisa duduk dengan tenang nih,

lngsung aja nengok ke blakang, tpi ga sampe ngeliat persis muka orang yg ngegoyangin kursi gw.

Mbak-mbak yg duduk 1 bangku ma gw jg ngerasa risih coz, tuh bangku ga berhenti digoyang ma orang yg duduk di blakang gw.
So, dia nengok ke blakang terus bilang ma gw kalo yg ngegoyangin tuh kursi bapak2

smakin lama gw tungguin, tuh orang masih juga ga berhenti ngegoyangin kursi yg gw duduki

bertekad bulat dalam hati buat ngelabrak tuh si bapak, gw nengok ke blakang and ngeliat langsung wajah si bapak,
suddenly,
gw lngsung mngurungkan niat bwt ngelabrak si bapak tdi setelah gw liat mukanya dan gw perhatiin,
and gw menghipotesa bahwa si bapak mengidap gangguan jiwa also known as GILA.

Ya udahlah gw tahan.tahanin aja tuh kursi tetep goyang selama perjalanan gw balik.
Coz gw juga ga berani ngelabrak tuh orang gila,
yg ada ntar gw malah jadi sasaran amukkan.nya

So, i try to be patient !

Namun, tuhan masih sayang sama gw,
tuh orang gila akhirnya turun dari bis after traffic.lamp

LEGA !
Serasa beban di pundak ini sudah terpecahkan.

After that crazy man get off from the bus
semua orang yg ada di sekitar t4 gw n si mbak *yg duduk disblah gw* duduk, langsung pada ribut ngegosipin tuh orang gila.

Semuanya menatap gw n si mbak dengan pandangan IBA
n langsung bercerita bhwa tuh orang yg ngegoyang2 kursi kita itu adlah orang gila.
Ternyata hipotesa gw bner.
Hahaha .
I know that, it showed from his crazy face !

Yg laen pada sibuk bergosip ria,
gw sama si mbak malah sibuk ketawa.tawa

kenapa ketawa.ketawa?
Ketularan gila juga?

Ya ga lah
lucu aja, sepanjang perjalanan di bis, gw n si mbak terus.terusan goyang udah kea dangdutan

Si mbak malah bilang, “tadi goyang.goyang mulu ya, serasa naek kuda”

Huahuahua
si mbak bisa aja.

So, sepanjang sisa perjalanan, gw n si mbak ngobrol.ngobrol gitu deh.

Ini udah yang kedua kalinya gw satu bis sama ORANG GILA

Huhh.
Its my destiny.

Tpi untungnya gw blum pernah menjadi korban kegilaan mereka.

Dan masih banyak lagi keanehan.keanehan yg bisa kita lihat dari penampilan fisik orang yg mengidap gangguan jiwa.

Contohnya:
– di dkat rumah nenek gw, ada orang yg kemana2 selalu pke seragam tentara,
orangnya ganteng, putih, tinggi, setiap pagi joging keliling kompleks
tapi ada sesuatu yang menunjukkan bhwa dia gila. yaitu, setiap joging pagi hari, dia selalu ngebawa payung mini berwarna hijau yang bergambar kartun, tak kenal hari panas ataupun hujan.
Setelah diusut-usut, ternyata tuh orang ga lulus test akabri

contoh selanjutnya:
– seorang bapak tua, yg tinggal di dket rumah gw, setiap pagi jalan dari masjid kaya orang bru slesai sholat subuh gitu.
Pakaiannya baju koko putih rapih, pake peci, pake sorban
tapi yg anehnya, tuh si bapak ngga pake sarung, dia cuma pake kolor doang.
Haduh.haduh.haduh.
Ternyata, kata bokap gw tuh bapak tua pengen jadi kiai tapi ga kesampean.
Astaghfirullahalazim.

Bokap gw malah sempet2nya ngeledekin gw, dia bilang
“ntar kalo kamu ga lulus jadi dokter, kamu keliling kampung sambil bawa buku SOBOTA lengkap dengan dandanan ala dokter gadungan”

Iiiiihhhhh !
Si ayah mah doa.nya kok gitu sih !
Naudzubillahmindzalik
Huhhh !

Sebenarnya apakah gangguan jiwa itu?
Dan apa penyebabnya?

SKIZOFRENIA

#DEFINISI

skizofrenia adalah suatu gangguan psikosis fungsional berupa gangguan mental berulang yg ditandai dngn gejala.gejala psikotik yg khas dan oleh kemunduran fungsi sosial, fungsi kerja, dan perawatan diri.

Skizofrenia
– tipe 1 ditandai dngn menonjolnya gejala.gejala positif sperti halusinasi, delusi, dan asosiasi longgar
– tipe 2 ditandai dngn gejala.gejala negatif seperti penarikan diri, apati, dan perawatan diri yg buruk

#FAKTOR RISIKO

faktor risiko penyakit skizofrenia ini adalah:
1. Riwayat skizofrenia dalam keluarga
2. Perilaku premorbid yg ditandai dngn kecurigaan, eksentrik, penarikan diri, atau impulsivitas
3. Stress lingkungan
4. Status sosial ekonomi yg rendah, sekurang2nya sebagian adalah karena dideritanya gangguan ini.

#TERAPI PENYAKIT SKIZOFRENIA

– obat neuroleptika mempunyai persentase pengobatan tertinggi, skitar 75% terhadap perbaikan penderita skizofrenia
namun ada bbrapa obat neuroleptika yg tdak boleh diberikan, yaitu obat2 kontraindikasi yg terlalu antikolinergik seperti klorpromazin, molindone dan thiroidazine pda pndrita hipertrofi prostate.
– sepertiga hingga separuh penderita membaik dngan LITHIUM, namun belum sebaik obat neuroleptika
– yang paling penting adalah INTERVENSI PSIKOSOSIAL, dngan menurunkan stressor lingkungan atau mempertinggi kemampuan penderita untuk mengatasinya dngan dukungan keluarga n masyarakat

*sumber: http://www.forumsains.com
artikel posted by REBORN

2 thoughts on “Orang Gila ? Siapa takut ! :)

  1. Arina berkata:

    LOL

    ada faktor predisposisi jg.

    berikut THREE TOP penyebab skizofrenia :
    1. SOCA
    2. OSCE
    3. MCQ

    *****************************************

    sintesis

    1. mekanisme :soca,osce, mcq -> kurang tidur -> makan kurang -> pengaktifan saraf simpatis -> takikardi.

    takikardi dapat diperparah saat melihat dosen penguji yang galak. so then tachycardy leads to halusination, and delirium state of consciousness. The results are : concentration disturbance and GAGAP-ly answering questions.

    2. penegakan diagnosis : anamnesis, PE, LE

    3. penatalaksanaan : pemberian support dari teman-teman ASAP, menjauhi lokasi soca, dan berdoa.

    4. prognosis : dubia et vitam

    5. komplikasi : sulit tidur, mud turun, dan gak nafsu makan

    6. preventif : belajar yang baik, berdoa, minta restu orang tua, dan berkumpul bersama teman-teman yang senasib dan seperjuangan.

    **********************************************************

    *Lebay buangeeeeettt*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s