[CAB-8] catatan akhir blok delapan FK UNSRI


GOOD DAY kawan !!

Dah masuk bulan baru nih,

Ujian juga dah selesai,, senangnyaaπŸ™‚ .. GOODBYE blok 8 yang penuh dengan pelajaran-pelajaran yang bertemakan NeuroMusculoSkeletal ituh. (pusing, banyak banget materinyaaa, heeeehhh :s)

pemeriksaan reflex bayi

pemeriksaan reflex bayi

Alhamdulillah blok 8 dah lewat, dan sekarang welcoming blok 9 – Endocrine – (sepertinya blok endokrin ini lebih rumit dari blok delapan kemarin😦 )

Oke, langsung aja tiap akhir blok saya nyempetin buat nulis Catatan Akhir Blok.

Langsung aja deh,

Kita mulai dari ujian SOCA BLOK 8 (sampe sekarang saya ga tau apa itu kepanjangan SOCA, ahhaha)

Ada 5 skenario, 3 diantaranya mirip sama scenario tutorial, tapi ada 2 skenario tambahan yang sempet bikin SHOCK kita, coz tuh scenario bener-bener outofprediction !

Yang sama kea tutorial :

  1. Kejang demam sederhana (kalo yg ditutorial kejang demam kompleks, dan saya dapet scenario ini, sebenernya scenario ini lumayan ngerti, tapi garaβ€”gara saya ga nulis patofisiologi (perjalanan dan mekanisme penyakitnya) saya jadi mines deh TT huhu )
  2. Gout Arthritis .. menurut saya scenario ini paling enak, coz pas gout ini kita dapet kuliah ahlinya enak, dijelasin semuanya. Tapi sayangnya saya ga dapet scenario ini😦 . hahaha
  3. Osteoporosis , nih scenario jg enak. Coz sama dengan scenario tutorial.

Yang OUT of Prediction :

  1. Bells Palsy (waaaatttsss ??!! ini bener-bener kelewatan ! gapernah sama sekali anak-anak 2008 diajarin nih penyakit !! . kebangetan deh yang bikin scenario soalnya (ngambek mode :on ) bisa-bisa kalo dapet nih scenario kita semua bakalan bells palsy (wajah yang kaku sebelah seperti orang stroke) di ruang penguji. Huhuhu .. dan berhubung nih penyakit samasekali ga pernah diajarin, jadinya skenarionya diganti jadi Osteoartritis (lebih mending dibandingi scenario bells palsy yg ga jelas juntrungannya!)
  2. HNP (hernia Nucleus Pulposus) , nah nih penyakit juga bikin geger seantero 2008ers,, kita ga pernah diajarin tentang HNP, tappi berhubung nih scene dah pernah di blok 4 (Anatomi dasar) jadinya temen-temen yang kurang beruntung yg dapet nih scene kudu menyelesaikan tugasnya walauun tanpa bahan penyokong. Huhuhu,, semangat ya kawan !!

Wishes : Semoga SOCA kita dapet nilai yang semaksimal-maksimalnya, dan dokter-dokter penguji kita itu berbaik hati ngasi nilai yang gede (mau itu mr.ketawa, atau dr.dr killer lainnya), amiinnn

Next to MCQ Β BLOK 8:

Seperti biasa,, kalo MCQ semuanya diambil dari SLIDE-slide kuliah kita, jadinya yaa kudu baca bener-bener tuh bahan kuliah, terutama tentang Farmakologi punya dr. Theodorus, selalu jadi Soal favorit di MCQ, medominasi banget deh pokoknya, kayak waktu blok 7 30 soal dari 150 soal isinya Farmakologi semua, deeuuuhhh, parah banget kalo ga baca slidenya, jadinya sekarang, tiap blok kudu ngebaca bahan obat-obatan dulu buat yang utama, tapi yang lainnya juga kudu dibaca. HeheheeπŸ™‚

Wishes : semoga semua jawaban-jawaban yang kita jawab asal-asalan ntu sebagian besar ternyata jawabannya bener, hihihi,(maunya enak aja, belajar enggak nilai mau gede !)

Lanjut ke OSCE BLOK 8 (ujian praktik menghadapi pasien, lagi-lagi saya ga tau nih OSCE kepanjangannya apa)

Osce kedua ini (setelah osce perdana blok 6) sukses bikin kita pdu 2008 SHOCK beraattt !! yang dipelajarin dan yang diujiin 100% bedaa.. padahal kita belajarnya dari soal-soal kakak2 2007 (nyontek buta) dan pelajaran lainnya ga kita pelajarin, jadinya bener-bener BLANK waktu kita masuk ruang ujian😦 ..

Soal-soal kakak2 2007 yang kita contek :

Meja 1 : nyeri siku (tennis elbow / golf elbow) dan nyeri pergelangan tangan (carpal tunnel synd, dan dequarvain synd)

Meja 2 : nyeri bahu (biceps tendinitis / frozen shoulder) dan nyeri lutut

Meja 3 : pemeriksaan fungsi saraf (nervus I = olfaktorius = penciuman, nervus III (occulomotorius)β€”IV (trochlear) – VI (abducens) = penglihatan, dan nervus VII – facial (peny stroke atau bells palsy)

Meja 4 : pemeriksaan Reflex Bayi (babinsky, morro) dan reflex dewasa (biceps, triceps, patella)

Naaahhh, kita dah pelajari tuh semua bahan 07,, tapi waktu hari H ternyata yang keluar scenenya bedaaaa bangett !

Meja 1 : anamnesis

Meja 2 : pemeriksaan fisik

Meja 3 : pemeriksaan penunjang (labor, Xray/foto polos, diagnosis penyakitnya)

Itu perintah di tiap meja, dan penyakit yang kudu didiagnosis ada 3, Reumathoid Arthritis, Osteoarthritis, Gout Arthritis

Nah loo,, ZOONNKKK banget gaa, kita ga belajar cara ngediagnosis, eh tiba-tiba soalnya disuruh ngediagnosis. Sediiihhhnyyyaaa😦 . tapi ada bagusnya juga OSCE kea gini, coz latihan jadi dokter sekalian. Hehehe

Wishes : semoga dosen penguji di tiap meja ga pelit nilai dan ngasii nilai yang mendekati maksimal juga gapapa deh (missal maks 40, kasi 39,9 juga gapapa) hehehhe.. amiiinnnnn

EXAM is OVER !

Theennn,, Lets holiday kawannnn !! (walopun Cuma 2 hari)

ο»Ώralattt : SOCA gada skenario Gout Artritis

13 thoughts on “[CAB-8] catatan akhir blok delapan FK UNSRI

  1. Wow,cepet bgt fk unsri udah blok 9 aja.kami di fk unand baru mo ujn blok7,kan kuliah libur bentar pas gempa kmrn.
    Oia,dlu blok 7 ttg apa?kami bljr tumbuhkembang anak.trus ujian MCQ/tulis ada berapa soal?

  2. @ka mita
    haha, bner kak
    always ada kejutan ..
    kea skrg tiba2 dkasi libur seminggu
    haha
    puasss

    thx dah mampir kemari kakπŸ˜€

    @ice
    hallo ice
    wa senengny dikunjungi olh ank unandπŸ˜€

    qt skrg dah mo blok 9
    iya, satu blok 7 minggu
    kl di unand 1 blok brapa minggu emgnya ?

    aniweii
    blok 7 unsri ttg immunologi
    tumbuh kembang belum ada jdwlnya
    soalny ada 150 soal bwt mcq blok 7

    keep ur spirit iceπŸ˜€

  3. hadiirrrrrrrr… lageeeeeeee….

    malam2 mengunjungi sahabat… setelah sekian lama tak bersua… Apa kabar sahabat?

    hehehhe… nggak ngarti euy.. hehehe…
    met liburan aja yach…

    cu..

  4. @bri
    ihihi
    bukan kebidanan atuh brii
    tp kdokteranπŸ™‚
    hihi
    iyaa nih
    samaa
    phi jg jarang maen krumah mayanya bri
    hehe
    nanti dimampirin deh kesono
    siapin sajen yaaπŸ™‚

    @usup
    bayii boongan alias boneka bang ..
    hihihi
    *tuing tuing tuing*

    @perigitua
    hihihi
    saya juga ga ngartti ituh ngepost apaan.
    heheπŸ™‚

    makasi dah berkunjung ^_^

  5. bri berkata:

    salam pagii bu dokter…tolooongin bri yang lg kengen berat^^πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚
    __SMILE^^__

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s