[CAB-9] Catatan akhir blok 9 — idol->DM


Waduuuhh, lagi males banget nulis deh, lagi sedih, baru aja ditinggal Eyang tersayang (hiks, I love her verymych😦 ) yaallah, semoga beliau bahagia di surgamu, amiinn).

Lagi ga bersemangat banget nih, dirumah juga masih pada sibuk coz keluarga yang dari jawa pada datang semua. Dan gue baru tau ternyata Mbah itu anak tertua dan punya adik-adik yang masih sehat semua. Dan ada 1 adik mbah yang MIRIP banget sama beliau, itu adik dibawahnya, anak ke-2.

Saking miripnya, si ayah sampe maksa-maksa si mbahkedua (adik mbah gue) buat tinggal di palembang aja, ga usah balik ke jawa, hahahha, ada-ada aja deh si ayah. Alhamdulillah karena kita tau ada adik mbah itu, kesedihan sedikit terobati, seenggaknya kita masih punya mbah yang irip banget sama mbah-ku tersayang.

Okeee, kembali ke CAB-9, berhubung nih udah diakhir blok, ya gue abadikan deh perjalanan di BLOK kali ini.

Blok 9 ini tentang Endokrine dan metabolismenya.

Gue kurang suka dengan endokrin-endokrin gini, tapi Alhamdulillah ketua blok 9 ini baik banget, jadinya kita belajarnya enjoy walopun materinya segunung. Thanks to dr alwi🙂

ooh iyaa, penyakit paling eksis di blok 9 ini tentang Diabetes MEllitus, semuanya dikupas habis, hohoho. siip deh !

Langsung aja ke minggu terakhir blok 9 a.k.a minggu-minggu ujian blok 9

Hehehe

Buat MCQ blok 9 semuanya diambil dari bahan-bahan IT, pelajariii deh semua, especially tentang farmako dan patofisiologi penyakitnya, semuanyaa itu hampir mendominasi soal mcq ini. so, read your IT well !

OSCE blok 9 alhamdulillah ga seribet yang kita kira, ternyata dr alwi emang bener-bener baiiikkk banget. Beliau Cuma bikin satu soal osce buat semuanya, dan itu bener-bener sama persis dengan apa yang udah kita pelajari. Ada 3 meja dengan 1 skenario penyakit, yaitu hipertiroid.

Meja 1 : anamnesis penyakit tiroid, tanyain deh semua ke papsien tentang keluhannya, kebiasaan hidupnya, dan lain-lain sesuai dngn yang udah kita pelajari

Meja 2 : pemeriksaan fisik tiroid, mulai dari vital sign, pemeriksaan khusus (kepala, sampai ekstremitas) dan pemeriksaan kelenjar tiroid juga dipraktekkan.

Meja 3 : hasil pemeriksaan Lab, penunjang, diagnosis penyakit, dan penatalaksanaan. Semua sesuai dengan yang kita pelajari

Setiap meja dikasih waktu 5 menit, so, kita harus cekat dan cepat di tiap meja. Hehehe

Lanjut ke SOCA blok 9, gue dapet scenario sindrom turner. Kalo ga salah ada 3 skenario yang semuanya diambil dari skenario tutorial kita, ada Sindrom metabolik, hipertiroid grave disease, sindrom turner. Semuanya ada di tutorial kok.

Udah itu aja CAB-9 kali ini, next to blok 10 CARDIOVSCULAR system —–

Semoga nilai kita memuaskan dan yang terbaik ya teman,,

Amiiiinnnn

HAPPYHOLIDAY🙂

One thought on “[CAB-9] Catatan akhir blok 9 — idol->DM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s