[CAB-11] Catetan Akhir BLOK 11 -separuh perjalanan telah terlewati-


Saatnya LIBUR *walopun Cuma 3 harii, hiks -_-*

Bersantai sejenak setelah melewati beberapa hari kritis menghadapi ujian, Alhamdulillah selesai sudah perjalanan di BLOK 11 kemarin. Semoga hasil ujiannya ga begitu mengecewakan *cos usaha yang ga maksimal*.

Jadi NYESEL nih phi ceritanya ?? –> iya, banget malah. Selama ini selalu aja keteteran kalo mau ujian, belajar pake system SKS (SistemKejarSemalam). Dan lagi-lagi, berjanji buat ga ngulangin hal bodoh yang sama, tapi tetep aja diulang-ulang lagi. Dodoooollll ! *mendodol-dodolkan diri sendiri biar bisa jadi dodol garut* apadeh ?!

eh, udah setengah perjalanan di perkuliahan ini, alhamdulillah. tinggal setengah lagi deh (masiii LAmaaaaaa !!). niih buktinya kalo aku rajin nyatet di kuliah, (loh ga nyambung! hihi)

catetandodol

catetan kuliah abal-abal

Oke, review buat BLOK 11 sistem UROGENITALIA (fk unsri) kali ini akan segera dimulai. Langsung aja aku mulai dari ujian MCQ dahulu seperti biasa.

MCQ BLOK 11:

Menurut aku sih, mcq kali ini bener-bener outofprediction ! coz, tadinya kita ngira kalo soal yang bakal keluar itu sebagian besar tentang PATOLOGI sistem UROLOGI dan GENITALIA (ada kuranglebih 7 IT tentang patologi) tapi ternyataaaa, yang dijadiin soal sebagian besar adalah tentang Sexual Transmited Diseases (PMS) dan Infeksi Menular Seksual. Omigottt, MELESET perkiraan kita, jadinya wakti ngerjain MCQ bener2 dengan penuh keyakinan kalo aku nggak bisa ngejawab soal-soalnya. Huhuhu, poor me !

Selain IMS dan STD (±60% dari total soal), ada juga tentang penyakit ginjal, farmakologi, terapi gizi dan peranan gizi, cairan tubuh, dan sedikit soal patologi. Yang benerbener ga ada di soal ntu tentang ANATOMI, HISTOLOGI, FISIOLOGI UROGENITAL. Nasiiibbb, yg udah dibaca ga masuk, yang ga dibaca malah jadi soal -_-

Next to SOCA BLOK 11 :

Soca kali ini lagi-lagi pihak pengajar ngasi SURPRISE buat kita, disuguhkan soal-soal skenario yang 75% beda dari skenario tutorial. (jeeehhhhhh ”-_-). Skenario SOCA yang masuk tentang Sindrom Nefrotik, PieloNefritis akut, Carcinoma Buli-buli, Vaginosis Bakterialis. Zzzzzzzzz. Sedangkan skenario TUTORIAL yang masuk Cuma 1 yaitu Sindrom Nefrotik, yang lainnya (cistitis, myoma uteri, urolithiasis, chronik kidney disease) ga masuk di SOCA. Yaoloh, gelagapan lah pagi buta sebelum ujian coz baru dapet jarkom pagi itu juga. Tapi untungnya kelas reguler ujiannya siang, yang masuk pagi anak-anak nonreg, jadinya kita lumayan bisa ada waktu buat belajar. Makasii ya Allah 🙂

Lanjut OSCE BLOK 11 :

Ada 4 skenario OSCE kali ini, they’re : CKD et causa DM, Urolithiasis, RPGN, dan Cista Ovarium. Sbenernya skill lab yang dikasih Cuma buat pemeriksaan penyakit saluran kemih aja, tapi ternyata OSCEnya ada penyakit genitalia juga, jadilah kita glabakkan pagi itu buat belajar genitalia dalam waktu singkat. Hohoho, alhamdulillah saya ga dapet skenario si C.O, dapetnya Urolitiasis.

Ada 4 meja tiap skenario,

meja 1: anamnesis sesuai keluhan utama (untuk uroloithiasis keluhanutama : nyeri pinggang menjalar ke depan)

meja 2 : pemeriksaan fisik (semua dilakukan mulai dari vital sign, pemeriksaan khusus dari kepala mpe ujung kaki, pemeriksaan genitalia, pemeriksaan rectal)

meja 3 : pemeriksaan penunjang laboratorium (untuk urolithiasis tentang pem. Darah rutin, kimia darah, elektrolit darah, dan pem. Urin)

meja 4 : pemeriksaan penunjang lain (USG, Foto polos, BNO, dll), diagnosis penyakit + komplikasinya, dasar diagnosis.

Seperti biasa, tiap meja dikasi waktu 5 menit.

Selesaii sudah ujian kita, ga berasa udah setengah perjalanan di perkuliahan ini, udah menjalani 11 Blok dari 22 blok. Mudah-mudahan Allah ngasi yang terbaik buat kita. Dan mudah-mudahan lebih baik untuk kedepannya *selalu janji gitu, tapi ga pernah maksimal ngejalanin janjinya! Semacam orang muna mengingkari janji sendiri, huhu 😦 *

Be BETTER in next BLOK. Amiiiinnnnnn

*phi harus belajar jadi lebih dewasa buat menuhi janjijanjinya*

7 thoughts on “[CAB-11] Catetan Akhir BLOK 11 -separuh perjalanan telah terlewati-

  1. makasih ya kak info nya.

    setelah saya baca ternyata, blok 12 kakak sama aja sama blok 11. wkwkwk..
    ternyata gejalanya sama ya kak, berjanji menjadi lebih baik tapi kenyataan nya sulit. wkwkwk.. hadeh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s