[CAB 12-13] penghujung tahun ke-2 di FK UNSRI


berhubung blok 12 kemarin ga sempet bikin Catatan Akhir Blok, coz kita ga dikasih libur, jadinya CAB.nya digabung aja sama blok 13. hehhe, kita mulai blok 13 dulu deh yang masih anget diingetan🙂

Blok 13 = BLOK M = blok aneh = blok GastroEnteroHepatologi

beuuh, di  blok ini 4 Skenario Tutorial kelompok saya maju, dan sekali dadakkan ditunjuk jadi presentator. KACAAUUU. dosen pembimbingnya pun dosen KILLER. NASIB buruk di blok 13 buat phii.

langsung aja ke ujian akhir di BLOK M ini

MCQ — 25% dari 105 soal tentang parasite ! (dasaaarr parasite ! giliran kagak dipelajarin soalnya keluar banyak bener) . MCQ blok 13 emang benerbener out of prediction dehh -____-

SOCA — nah, kebetulan SOCA blok 13 ini anak-anak kelas reguler dapet jadwal siang, jadinya kita bisa denger-denger bocoran soal dari anak kelas yang masuk pagi. Gosip-gosip soal SOCA sebelum kita masuk ruang karantina siih ada 5 skene : Kolelitiasis et causa Kolesistitis, Sirosis Hepatis dngn Varises Esofagus, Appendisitis Akut, Ca Caput Pankreas, Disentri, dan Hernia Inguinalis. Tapii setelah kita masuk ruang karantina, dan dipanggil satu-persatu, skenario yang didapet alhamdulillah Cuma 3 dan skenarionya sama kayak skene tutorial. 3 skene SOCA : Sirosis Hepatis, Appendisitis Akut, Ca Caput Pankreas. Dan skenarionya mirip banget sama skene tutorial. Mudahmudahan hasilnya Bonam (baik) dah, amiiinn

OSCE — OSCE ada 2 skenario, dan 3 meja.

2 skenario OSCE kali ini alhamdulillah sama kayak skenario SOCA n tutorial kita, jadi tinggal diperdalam dan diingat-ingat lagi. Hehhe. They’re : Ca Caput Pankreas, dan Sirosis Hepatis. Dan beruntungnya lagi, osce blok 13 ini ga ada meja pemeriksaan penunjang (pemeriksaan LAB, darah rutin, feses rutin, Urin rutin, USG, Foto Polos) kalo ada bisaaa blank deh tuh pemeriksaan USG dan Foto polos, secara kita ga pernah diajarin cara bacanya -___-. Mungkin karna itu juga nih meja akhirnya ditiadakan. Dosen-dosen penguji juga baik-baik semua, ga ada yang kiler kayak waktu osce blok 12, ada jalur Gaza, dan ada jalur sirotol mustaqim (yaoloh -____- lebay bener deh temen-temen, kkk). Pokoknya OSCE blok 13 top markotop deh !! semoga hasilnya Bonam yaah, biar bisa nutupin nilai MCQ yang kyknya ancur banget itu ! amiiinnn

Meja 1 : anamnesis (tanyain selengkap-lengkapnya mirip sama checklist yang sudah beredar :p)

Meja 2 : Pemeriksaan Fisik, dimulai dari keadaan umum, vital sign, status gizi (ini satu point yang saya kurang -___-), pemeriksaan khusus dari kepala sampe ujung kaki. Sebutin deh semua patologisnya, dan lakuin pemeriksaannya yang bener sesuai yang udah diajarin

Meja 3 : diagnosis, diagnosis banding, dan penatalaksanaan beserta informed consent nya.

Udah selesai semua pengajaran di tahun ke-2, kita naik ke level selanjutnya kawan-kawan. Makin berat, tapi makin dekat mencapai cita-cita. Asssiiiikkkk !!

Daannn, LIBUR tlah tibaaa, dikasih jatah libur 2 minggu, alhamdulillah, ga pernah-pernah dikasih libur sampe 2 minggu, dalam 1 tahun Cuma ada libur panjang 2 minggu ini di akhir tahun. Gapapa lah, nyannggg pentinngg inyong bisa mejemin mata seharian buat bales dendam selama ini kagak bisa tidur, ayyyeeeyyy !!

BLOK 12 = BLOK Respirologi

udah banyak yang lupa nihh di blok 12, jadinya saya tulis yang diinget aja yaah. maklum, sudah tua, jadi kebanyakkan pikunnya deh -__- hehhe🙂

MCQ : tentang penyakit-penyakit, farmakologi juga banyak, pokoknya mcq semua slide dari dokter kudu dibaca dah kalo mau nilainya bagus. Jangan kayak saya yang bacanya Cuma setengahsetengah, lah hasilnya juga jadi setengah gini deh -____-

SOCA : ada PPOK, TB Paru, Pneumonia (lupaaa skenarionya apa ajaa -___- . aku apet skenario TB paru pada dewasa deh pokoknya. Ooh iyaa, soca blok ini ga boleh bawa catetan, jainya kudu bawa beberapa buku pegangan yang tebel-tebel itu deh -___-

OSCE : ada 3 skenario, Pneumonia anak, TB paru, PPOK . dan ada 4 meja.

Meja 1 : anamnesis (tanyaiin deh lengkap-lengkap sama si pasien tentang keluhan-keluhannya)

Meja 2 : Pemeriksaan Fisik dari Keadaan Umum, vital sign, status gizi, dan pemeriksaan khusus dari kepala sampe Ujung kaki (dapet dosen penguji yang punya rasa humores terlalu berlebihan, yang kalo kita salah dikit aja bakal diketawain *_*)

Meja 3 : pemeriksaan penunjang -____- . dapet dosen killer gilaa niih di meja ini, ga mampu berkutik deh ane (hiks). Disuruh baca radiologi yang ga pernah diajarin waktu kuliah, di bego-begoin deh ama dokternya (sabar phii). Yaah, untunglah saya sedikit udah relajar cara baca radiologi dari temen-temen sepermainan. Makasiih yaah temen-temen, kalo ga relajar bareng kalian, mungkin zonk deh nilai phii -___-

Meja 4 : Diagnosis banding, diagnosis kerja, dan tatalaksana (dapet dosen penguji yang kayak patung, no comment sedikitpun, ampuuunn deh, kenapa ad adosen yang kyk gitu -__-)

Dan bener-bener deh OSCE blok ini bikin keteteran, dapet dosen superjenius (yang nge-bego-bego-in muridnya), pendiem, apatis, dan rasa humor terlalu tinggi. Waktu udah selesai ujian, tementemen bilang kalo jalur 1 (jalur tempat saya ujian) sama dengan jalur gaza. Hadeeh, ada-ada aja. Dan ternyata ada juga jalur sirotol mustaqim *ngakak* . rada lebay deh niih tementemen semua, kkk.

Hasiilnyaaa, ujian blok 12 bener-bener kacau, nilai dapet pas-pasan, dan abis ujian libur juga ga ada, langsung masuk blok 13. Terlalu -__-

yang penting sekarang saatnya LIBUR !! alhamdulillah, dan bentar lagii juga mau bulan puasa. ga berasa banget deh yaahh setahun ini.

MET LIBUR kawan-kawan, bagii yang pada mudik, jangan lupa oleh-oleh dibawa balik ke palembang, kalo ga nyetor oleh-oleh, ga oleh pulang ke palembang (preman palembang mode : on)

3 thoughts on “[CAB 12-13] penghujung tahun ke-2 di FK UNSRI

  1. rodiah sefrina berkata:

    hmm..
    baru tau fi ada jalur shirothol mustaqim…ckckck;p
    kyaknya yang nilai OSCE ny bagus ye yg dapat jalur itu dan tentunya bukan aku… :(((

    met liburaaann…
    meski cm stay at home…:D

    • ahahhaha
      wima kak yang kasiih namo jalur sirotolmustaqim
      byasa, dr.ny mr.ketawa
      hehehhe
      kalo jalur gaza masiih bisa lewat kito,
      tapii kalo jalur sirotolmustaqim benerbener yang super b yg bs lewat.
      hohoho
      lebayy yeeh -___-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s