Looonng roaaddd to finish


image

“Masuk Fak.K itu susah! Keluarnya lebih susah lagi!”, ny. W, mahasiswi semester akhir (11) Fak.K

Mau masuk kuliah di Fk itu susah! (Yup!Bener banget!)
Tapi ternyata, Mau keluar dari Fk itu lebih susah lagi. setelah nyelesein kewajiban belajar 3.5 tahun di preklinik, disambung lagi 2 tahun praktek klinik, yang setiap 5 minggu – 10 minggu sekalinya harus menikmati harihari penuh ujian selama 5.5 tahun ini, ditambah lagi stelah dinyatakan lulus rotasi klinis 2 tahun ada ujian tambahan fakultas yang notabenenya baru diinfokan oleh fakultas kuranglebih 1 bulan sebelum ujian diadakan yaitu ujian kompre teori (MCQ CBT) dan praktek (OSCE), kalo hasil ujian keduanya dapet predikat lulus belum bisa juga keluar dari FK. Harus ikut ujian Nasional kedokteran (UK) yang juga ada 2 jenis ujian yaitu teori dan praktek. Barulah kalo udah lulus UK, kita bisa di wisuda. Eittss, ini juga belum bisa praktek mandiri, kita harus magang lagi di RS tipe C dan puskes2 selama 1-2 tahun (dan selama magang juga masih ada tugastugas kuliah😥 ). Subhanallah. Panjang bener perjuangan mau jadi dokter yaa.
(Ga cuma mau jadi dokter aja kali phii yang butuh perjuangan, semua profesi juga butuh perjuangan. Tergantung gimana lo nyikapinya, banyak ngeluh ya artinya lo kalah, ga bisa jadi dewasa yang mateng *kok jadi ga nyambung ya?*)

Salah siapaa suruh masuk FK? Salah siapa masih mau bertahan di FK? Salah siapaa Fk punya se-lautan ujian dan seupil reward? Salah guee? Temen2 gue? Pejabat2 negri gue? *edisi dramatisir*

Ya udahlah yah. Inget phii. Rabu masih ada ujian osce fakultas. Ini malah ngedumel ga jelas di blog bukannya belajar! *maklum mbahh ane lagi mumeett dicekokin buku mulu seminggu ini -__-*

Yuk bersyukur dan berdoa dulu. Alhamdulillah udah lepas dari kewajiban sebagai “dek koass”. Alhamdulillah dapet kesempatan buat ikut ujian fakultas, alhamdulillah dapet kesempetan sedikit membuat ibu-ayah bangga anaknya bs selesai tepat waktu dlm rotasi koass. Tinggal berjuang selanjutnya ngadepin ujian2 akhir fakultas dan nasional. Insyaallah diberi yang terbaik oleh Allah SWT. Amin

Selamat PDU 08. Semoga diberi kemudahan yaa buat kita semua..
Semangat! Jangan mudah terdistraksi oleh hal2 ga penting. Tentuin prioritas! *ngomong depan kaca*
Bismillahirrohmanirrohim.

#baruinstallWPdigejet#

8 thoughts on “Looonng roaaddd to finish

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s