pedoman bimbingan karier

Selamat Pagi, Siang, Sore ataupun Malam

Masih dalam keadaan hari libur nih, yang hanya saya habiskan untuk memutihkan badan saja, alias hanya menghabiskan waktu libur dirumah untuk beristirahat dan mengerjakan hal-hal lainnya.

Termasuk mengobrak-abrik isi kamar saya, dan tak disangka, banyak kenangan tersimpan di kamar saya yang tak terurus lagi itu setelah saya memasuki dunia baru saya yaitu fakultas kedokteran. Lebaii deh !!

Salah satu kenangannya yaitu saya menemukan buku-buku hadiah dari perayaan imlek. 2 tahun berturut-turut saya mendapatkan rezeki dari perayaan imlek tersebut. Rezeki yang saya dapatkan berupa buku-buku gratis yang nilai jualnya cukup mahal. Kedua buku tersebut saya dapatkan cuma-cuma setelah saya berbelanja di toko buku Gramedia yang memang sedang berpartisipasi merayakan imlek dengan membagi-bagikan angbao (angpau atau apalah namanya) yang didalamnya berisikan buku-buku gratis.

Kedua buku tersebut sangatlah bermanfaat, dan salah satunya menjadi buku pedoman saya ketika saya duduk di kelas 3 SMA tahun lalu. Buku pedoman untuk menentukan pemilihan pendidikan yang tepat dan sesuai minat saya.

bukunya

bukunya

Buku setebal 242 halaman ini berisikan 100 profesi yang ada di kehidupan kita yang mencakup gambaran umum profesi tersebut, tugas-tugasnya bila kita mengambil profesi tersebut, spesialisasi profesi setelah kita menjalani pendidikan, dan syarat-syarat yang harus kita miliki bila ingin menjajaki profesi tersebut. Judul buku tersebut adalah ”My Future, Booklet Bimbingan Karir”.

Lumayan bukan, bacaan untuk membantu anda yang sedang berpusing-pusing ria memikirkan ”Mau Jadi Apa Saya Nanti?”. terutama bagi siswa-siswi kelas 3 SMA yang masih belum tahu apa cita-cita mereka, padahal ujian masuk perkuliahan sudah di depan mata. Jangan sampai anda salah ambil jurusan. Karena kesalahan dalam pengambilan jurusan akan berpengaruh pada minat belajar kita yang tentu saja akan berdampak pada nilai-nilai Anda nantinya. Seperti pengalaman pribadi saya ketika mengikuti bimbel intensif di salah satu lembaga pendidikan, setelah mengikuti Try Out pertama, dan pilihan jurusan yang saya dan teman-teman pilih ternyata tidak bisa dicapai dengan nilai yang kami peroleh saat itu, maka saat itu juga kami berkonsultasi pada guru konseling kami untuk menentukan jurusan apa yang tepat dan sesuai dengan kemampuan kami. Padahal, saat itu, SNMPTN hanya tinggal 4 minggu, dan kami baru memikirkan pilihan pendidikan apa yang tepat dan sesuai dengan kemampuan kami. Benar-benar pilihan tanpa pemikiran yang matang. Padahal itu semua untuk kelangsungan hidup kita di masa mendatang.

So, bagi rekan-rekan kelas 3 SMA sekalian, tentukanlah pilihan anda, karena ujian sudah di depan mata, dan tak banyak waktu untuk menentukan pilihan pendidikan anda ke jenjang selanjutnya.

Di sini, akan saya paparkan beberapa profesi dari buku tersebut yang banyak diminati oleh siswa-siswa kelas 3 SMA.

*Profesi2 buat siswa-siswa dengan program IPA

*Profesi2 buat siswa-siswa dengan program IPS

2 thoughts on “pedoman bimbingan karier

  1. bri berkata:

    __mau apa saya nanti??? hahay brijugapernah__
    ___brimauprestasi cumaprestasi_____
    __mettinggal usialabil metjalan masakecil__

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s